Kategori Dosa

Kategori Dosa

Setiap kali dalam Awal misa kita mengatakan doa tobat… seperti ini :
Saya mengaku, kepada Allah yang mahakuasa, dan kepada saudara sekalian, bahwa saya telah berdosa, dengan PIKIRAN dan PERKATAAN, dengan PERBUATAN dan KELALAIAN….
Itulah kategori dosa itu… yang lebih detail dituliskan dibawah ini…

Dosa Pikiran (Sin of thoughts)
“Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.” (Matius 5:28)
“Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat.” (Matius 15:19)
Termasuk dalam dosa pikiran, antara lain: hawa nafsu, kebencian, iri hati, dendam, dengki/cemburu, prasangka buruk dll.

Dosa Perkataan (Sin of words)
“Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang.” (Matius 15:18)
“Lidahpun adalah api; ia merupakan suatu dunia kejahatan dan mengambil tempat di antara anggota-anggota tubuh kita sebagai sesuatu yang dapat menodai seluruh tubuh…” (Yakobus 3:6)
Termasuk dalam dosa perkataan antara lain: memfitnah, menghina, berdusta, sumpah-serapah, caci-maki, dll.

Dosa Perbuatan (Sin of deeds)
“tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah? Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit, pencuri, orang kikir, pemabuk pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.Dan beberapa orang di antara kamu demikianlah dahulu. Tetapi kamu telah memberi dirimu disucikan, kamu telah dikuduskan, kamu telah dibenarkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah kita.” (1 Korintus 6:9-10)
“..kuduskanlah hari Sabat..hormati ayahmu dan ibumu..jangan membunuh..jangan berzinah..jangan mencuri..jangan mengucapkan saksi dusta…” (Keluaran 20:1-17)
Termasuk dalam dosa perbuatan antara lain: menipu, membunuh, berzinah dan menyeleweng, keserakahan, mabuk-mabukan, aborsi dll.

Dosa Kelalaian (Sin of omisions)
(Orang Samaria yang baik hati, Lukas 10:25-37) …”Siapakah di antara ketiga orang ini, menurut pendapatmu adalah sesama manusia dari orang yang jatuh ke tangah penyamun itu?” Jawab orang itu: “Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya.” Kata Yesus kepadanya: “Pergilah, dan perbuatlah demikian!” Jenis dosa yang paling jarang diakui oleh para peniten (orang yang mengakukan dosanya), karena orang seringkali tidak menyadari bahwa lalai berbuat baik adalah merupakan suatu dosa juga.
Satu contoh lagi dalam perikop talenta (Matius 25:14-30), orang yang diberi karunia sedikit sekalipun tetap diminta untuk berbuah, dan tetap dipersalahkan karena tidak berbuah. Lebih jauh lagi, dalam Lukas 17:7-10, Yesus menggambarkan bahwa sudah layak dan sepantasnya seorang hamba melakukan pekerjaan-pekerjaan yang diperintahkan tuannya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s